pengembangan perangkat pembalajaran
Desain pembelajaran dikembangkan berdasarkan teori sistem. Penerapan teori sistem dalam pengembangan rencana pembelajaran adalah dikembangkannya komponen-komponen pengajaran secara sistematis dan terintegrasi (Hamalik, 2005). Kurikulum yang diterapkan oleh suatu bangsa akan mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa di kelas (Gunawan dan Benty, 2007). The integrative topics in some subjects in learning process as one of the main point in new Curriculum 2013 (Sahiruddin, 2013). The Curriculum 2013, which is to create productive, creative, innovative, through strengthening affective attitudes, skills, and integrated knowledge for Indonesians (Ramadhan dan Ramdani, 2015). The 2013 Curriculum is proposed to produce Indonesians who have religious tolerance and mental health; it is based on the fact that recently, a lot of young generation or students do not have character, tolerance and empathy for others anymore (Ningsih, 2016).
Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik bercirikan penonjolan pada dimensi pengamatan, penalaran, penemuan, pengabsahan, dan penjelasan tentang suatu kebenaran
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan (Sa’ud, 2008; Gunawan dan Sulistyoningrum, 2013). Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap matapelajaran. Kegiatan pembelajaran meliputi pendahuluan, inti, dan penutup. Kurikulum yang dirancang harus dapat mengembangkan potensi siswa (Gunawan, 2015; Gunawan, 2017)
Komentar
Posting Komentar