Lembar Kerja Siswa
Hafizah (11901358)
A. Pengertian lembar kerja siswa
Lembar kerja siswa merupakan salah satu bahan ajar seperti handout, modul, buku, foto,atau gambar yang umum dipergunakan disekolah. LKS dapat dikembangkan olehguru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. Lembar kerja siswa (LKS)merupakan lembaran-lembaran yang berisi tugas-tugas yang harus dikerjakan oleholeh peserta didik. Lembar kerja siswa biasanya berupa petunjuk, langkah-langkah untuk mengerjakan dan menyelesaikan suatu tugas yang diberikan oleh guru
Menurut sugiyono lembar kegiatan peserta didik (LKPD) atau dalam katalain lembar kerja siswa (LKS) atau worksheet merupakan suatu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar. Siswa baiksecara individual ataupun kelompok dapat membangun sendiri pengetahuanmereka dengan berbagai sumber belajar. Guru lebih berperan sebagai fasilitator,dan salah satu tugas guru adalah menyediakan perangkat pembelajaran (termasukLKPD) yang sesuai dengan kebutuhan.
B. Fungsi Lembaran Kerja Siswa
Fungsi LKS yaitu sebagai panduan atau petunjuk bagi siswa sehingga siswadapat melakukan pengamatan dan penemuan, selain itu LKS juga membuat siswauntuk lebih berfikir kritis. Fungsi tersebut sesuai dengan pendapat dari Suyanto. yang mengatakan bahwa LKS memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.
1. Sebagai lembar diskusi, di mana LKS berisi sejumlah pertanyaan yang menuntun siswa melakukan diskusi dalam rangka konseptualisasi. Melalui diskusi ter sebut siswa dilatih membaca dan memaknakan data untuk memperoleh konsep-konsep yang dipelajari.
2. Sebagai lembar penemuan (discovery), di mana siswa mengekspresikan temuannya berupa hal-hal baru yang belum pernah ia kenal sebelumnya.
Sebagai wahana untuk melatih siswa berfikir lebih kritis dalam kegiatan belajar mengajar.
3. Meningkatkan minat siswa untuk belajar jika kegiatan belajar yang dipandu melalui LKS lebih sistematis, berwarna serta bergambar serta menarik perhatian siswa.
Selain fungsi diatas menurut Syarifuddin dalam fungsi LKS dapat ditinjau dari dua segi, yaitu :
1. Dari segi siswa
a). Sebagai sarana belajar baik di kelas, di ruang praktek, ataupun diluar kelas
b). Sebagai sarana belajar dimana siswa berpeluang besar untuk mengembangkan kemampuan, menerapkan pengetahuan, melatih keterampilan dan memproses diri sendiri atau mendapatkan perolehannya.
2. Dari segi guru
Melalui LKS, guru dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar sudah dapat menerapkan metode pembelajaran siswa dengan kadar belajar secaraaktif Guru hanya memberikan instruksi bila diperlukan oleh siswa.
Komentar
Posting Komentar