Bahan ajar

Bahan ajar adalah seperangkat materi pelajaran yang mengacu padakurikulum yang digunakan dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan.
1) Bahan ajar berbentuk modul setidaknya terdiri atas tujuh komponen,
yaitu:
a. Tujuan pembelajaran
b. Lembar evaluasi
c. kedudukan dan fungsi modul dalam kesatuan program yang lebih luas
d. Lembaran kegiatan siswa, yang berisi substansi kompetensi yang akan dipelajari/diantarkan.
e. Lembaran kerja siswa
f. Kunci lembar kerja
g. pedoman bagi guru
2) Bentuk-Bentuk Bahan Ajar
Jika bahan ajar cetak tersusun secara baik maka bahan ajar akan mendatangkan beberapa keuntungan seperti yang dikemukakan oleh Steffen Peter Ballstaedt, 1994
yaitu:
Bahan tertulis biasanya menampilkan daftar isi, sehingga memudahkan bagi seorang guru untuk menunjukkan kepada peserta didik bagian mana yang sedang dipelajari
a. Biaya untuk pengadaannya relatif sedikit
b. Bahan tertulis cepat digunakan dan dapat dipindah-pindah secara mudah
c. Susunannya menawarkan kemudahan secara luas dan kreativitas bagi individu
d. Bahan tertulis relatif ringan dan dapat dibaca di mana saja
e. Bahan ajar yang baik akan dapat memotivasi pembaca untuk melakukan aktivitas, seperti menandai, mencatat, membuat sketsa
f. Bahan tertulis dapat dinikmati sebagai sebuah dokumen yang bernilai besar
g. Pembaca dapat mengatur tempo secara mandiri.
3) Kriteria Bahan Ajar yang Baik
Bahan ajar yang diberikan kepada siswa haruslah bahan ajar yang berkualitas. Bahan ajar yang berkualitas dapat menghasilkan siswa yang berkualitas, karena siswa mengkonsumsi bahan ajar yang berkualitas. Menurut Furqon Bahan ajar yang baik harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:
a. Substansi yang dibahas harus mencakup sosok tubuh dari kompetensi atau sub kompetensi yang relevan dengan profil kemampuan tamatan.
b. Substansi yang dibahas harus benar, lengkap dan aktual, meliputi konsep fakta,prosedur, istilah dan notasi serta disusun berdasarkan hirarki/step penguasaa kompetensi.
c. Tingkat keterbacaan, baik dari segi kesulitan bahasa maupun substansi harus sesuai dengan tingkat kemampuan pembelajaran.
d. Sistematika penyusunan bahan ajar harus jelas, runtut, lengkap dan mudah dipahami
4) Fungsi Bahan Ajar
Fungsi bahan ajar adalah sebagai motivasi dalam proses kegiatan belajar mengajar yang lakukan oleh guru dengan materi pembelajaran yang kontekstual agar siswa dapat melaksanakan tugas belajar secara optimal. Bahan ajar berfungsi sebagai berikut:
a. Pedoman bagi Guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnyadiajarkan/dilatihkan kepada siswanya.
b. Pedoman bagi Siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari/dikuasainya.
c. Alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran
d. Membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar
e. Membantu siswa dalam proses belajar
f. Sebagai perlengkapan pembelajaran untuk mencapai tujuan pelajaran
g. Untuk menciptakan lingkungan / suasana balajar yang kondusif
5) Manfaat bagi Peserta Didik antara lain sebagai berikut:
a. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik.
b. Kesempatan untuk belajar secara mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap kehadiran guru.
c. Mendapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya.

Komentar