Silabus
Pengertian Silabus
Sebelum membahas rencana pembelajaran, terlebih dahulu harus dipahami tentang silabus dan dan langkah pengembangannya, karena rencana pengajaran dikembangkan berdasarkan rumusan silabus yang telah ditetapkan.
Istilah silabus dapat didefinisikan sebagai ”garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi palajaran”( Salim, 1987: 98). Istilah silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam rangkapencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar (Yulaelawati, 2004:123)
Komponen-komponen Silabus
Dalam buku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sering disebut dengan singkatannya yaitu KTSP, dikatakan bahwa format silabus paling tidak memuat sembilan komponen yaitu :
1. Identifikasi
Pada komponen identifikasi adalah nama sekolah, nama mata pelajaran, kelas, dan semester.
2. Standar Kompetensi
Pada Komponen standar kompetensi, yang perlu dikaji adalah standar kompetensi mata pelajaran yang bersangkutan dengan memperhatikan hal-hal berikut.
- Urutan berdasar hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
- Keterikatan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran.
- Keterikatan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran
3. Kompetensi Dasar
Pada komponen kompetensi dasar, yang perlu dikaji adalah kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut.
- Urutan berdasar hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
- Keterikatan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
- Keterikatan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran
4. Materi Pokok
Pada komponen materi pokok, yang dilakukan adalah mengdidintifikasi materi pokok dengan mempertimbangkan:
- Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spriritual peserta didik;
- Kebermanfaatan bagi peserta didik;
- Struktur keilmuan;
- Kedalaman dan keluasan materi
- Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
5. Pengalaman Belajar
Pada komponen pengalaman belajar, yang perlu diperhatikan adalah rambu-rambu berikut.
- Pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan mengaktifkan peserta didik,
- Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik,
- Rumusannya mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar peserta didik
6. Indikator
Pada komponen indikator, yang perlu diperhatikan adalah rambu-rambu berikut.
- Indikator merupakan pembelajaran dari KD yang menunjukkan tanda-tanda, perbuatan dan/atau respons yang dilakukan atau ditampilkan oleh peserta didik.
- Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik.
- Rumusan indikator menggunakan rumusan kerja operasional yang terukur dan /atau dapat diobservasi.
- Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
7. Jenis Penilaian
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, sikap, penilaian hasil karya berupa proyek stsu produk, penggunaan portofolio, penilaian diri, dan lain-lain. Jenis penilaian yang dipilih bergantung pada rumusan indikatornya.
8. Alokasi Waktu
Pada komponen alokasi waktu, hal-hal berikut perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut.
- Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu waktu mata pelajaran perminggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.
- Alokasi waktu yang dicantumkandalam silabus merupakan perkiraan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk menguasai kompetensi dasar.
9. Sumber belajar
Pada komponen sumber belajar, hal-hal berikut yang perlu dipertimbangkan adalah.
- Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
- Sumber belajar dapat berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
- Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Komentar
Posting Komentar